Cara membuat gembok 3D dengan autocad


Gambar 1. 3D gembok


Untuk membuat sebuah Gembok, seperti biasa agar lebih mudah terlebih dahulu kita mengawalinya dengan membuat objek 2D. Masih ingat tutorials sebelumnya tentang penggunaan ‘Sweep’? nah..kali ini kita akan menggunakannya lagi.


Oke langsung saja,


A. Buatlah objek 2D seperti dibawah ini, untuk dimensi bisa mengikuti gambar atau buat gambar baru dengan dimensi yang anda inginkan.

Gambar 02. Objek 2D rectangle
Gambar 02. Objek 2D rectangle

Catatan:


Objek di atas adalah objek Rectangle yang di Fillet pada ke-4 sudutnya

Kemudian dilanjutkan dengan menggambar menjadi seperti ini. Jangan lupa beralih view menjadi ‘SW Isometric’.

Gambar 03. Pola garis bantu sweep
Gambar 03. Pola garis bantu sweep

B. Ubah objek 1 di atas menjadi 3D dengan perintah Extrude sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

Gambar 04. 3D gembok hampir jadi
Gambar 04. 3D gembok hampir jadi

Catatan:


Tinggi Extrude = 50

Klik kiri ‘Realistic Visual Style’ pada menu ‘Visual Style’ untuk melihat hasil 3Dnya.


C. Selanjutnya kita beralih ke objek 2.

Bila diperhatikan garis objek 2 di bawah ini belum ‘Polyline’, maka kita harus menjadikannya polyline dahulu agar nanti bisa sekali ‘Sweep’.

Gambar 05. Edit polyline garis
Gambar 05. Edit polyline garis

Caranya sebagai berikut:


1) Klik kiri ‘Edit polyline’ pada toolbar Modify II.

Gambar 06. Klik kiri edit polylin
Gambar 06. Klik kiri edit polyline

2) Command: _pedit Select polyline or [Multiple]: klik kiri objek

Gambar 07. Klik kiri objek
Gambar 07. Klik kiri objek

3) Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype gen/Reverse/Undo]: J [ketik J kemudian enter], ‘J’ berarti ‘Join’.

4) Select objects: pilih semua objek garis

Gambar 08. Pilih objek
Gambar 08. Pilih objek

Select objects: Specify opposite corner: 5 found


5) Select objects: [enter 2x]


Sekarang objek garis 2 sudah menjadi Polyline.

Gambar 09. Garis polyline
Gambar 09. Garis polyline

Catatan :


Apabila diawal ‘Edit Polyline’ keluar perintah seperti ini pada jendela command

Do you want to turn it into one? <Y> [isi dengan Y] menjadi,

        Do you want to turn it into one? <Y> Y [enter]

D. Selanjutnya kita akan sweep objek garis 2 di atas. Tapi sebelum kita sweep, buat dulu objek lingkaran dengan diameter 8. Buatlah lingkaran ini dekat dengan objek yang akan di sweep.

Gambar 10. Objek lingkaran
Gambar 10. Objek lingkaran

E. Selanjutnya kita akan menggunakan sweep untuk menyelesaikan gambar.

Berikut caranya:

1) Klik kiri ‘Sweep’ pada toolbar Modeling.

Gambar 11. Klik kiri sweep
Gambar 11. Klik kiri sweep
         
         Current wire frame density:  ISOLINES=4


2) Select objects to sweep: klik kiri objek lingkaran

Gambar 12. Klik kiri objek lingkaran
Gambar 12. Klik kiri objek lingkaran
        Select objects to sweep: 1 found

3) Select objects to sweep: [enter]

4) Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]: B (isikan B)

5) Specify base point: klik kiri titik tengah lingkaran

Gambar 13. Klik kiri titik tengah lingkaran
Gambar 13. Klik kiri titik tengah lingkaran
6) Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]: klik kiri objek 2, maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

Gambar 14. 3D gembok
Gambar 14. 3D gembok
7) Berikan warna material agar hasil menjadi lebih menarik kemudian render untuk menyempurnakannya.

Gambar 15. 3D gembok
Gambar 15. 3D gembok


Posted by degineering
degineering Updated at: 09:23

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Flag Counter