Ini akibat ban motor kempes

Hati-hati.....! ban motor kempes bisa membuat Velg motor anda rusak



Gambar 00. Velg penyok

Sebagian besar mungkin para biker sudah mengetahui resiko mengendarai kendaraan dalam kondisi ban kempes, namun banyak juga yang mengabaikannya. Memang mengendarai motor dengan ban yang sedikit kempes lebih terasa empuk apalagi saat melewati jalanan yang berbatu/berkerikil kecil. Gaya elastis ban cukup membantu dikala kita melewati medan yang berbatu/berkerikil. So, bagaimana dengan jalanan yang berlubang....??

Mari kita bahas bersama-sama


Ada banyak sekali tipe lubang di jalan, ada yang dangkal, ada yang dalam, ada yang landai, ada yang curam dan masih banyak lagi. Hal yang wajib selalu dilakukan para biker sebelum menunggangi motor, salah satunya adalah memastikan ban dalam kondisi baik (tidak gundul dan kempes). Namun sering kali hal ini diabaikan dan dianggap masalah sepele kemudian menyesal ketika si Velg rusak/penyok bahkan pecah saat menghantam lubang. Selain itu, cara berkendarapun perlu diperhatikan, berkendara tepat di belakang kendaraan lain (mobil, motor) akan menambah resiko karena bisa dipastikan berkendara seperti ini akan mempengaruhi pandangan. Tidak hanya berakibat buruk pada motor anda, ban kempes dan jalanan berlubang juga dapat mengakibatkan kecelakaan fatal. Disamping itu, ban kempes dan jalanan berlubang merupakan salah satu faktor penyumbang kecelakaan dalam berkendara. So, sudah bisa disimpulkan bahwa melintasi jalanan berlubang dengan kondisi ban kempes akan meningkatkan resiko kerusakan kendaraan terutama velg dan kecelakaan bagi pengendara.


Kejadiaan ini menimpa saya



Beberapa waktu yang lalu ketika pulang kerja, kegiatan rutin saya tiap minggu yaitu pulang Kampung tanpa sengaja motor menghantam lubang. Motor melaju dengan kecepatan sedang (± 60 km/jam). Saat kejadian, lubang tersebut sama sekali tidak terlihat karena saya berada tepat di belakang fuso. Ketika hendak menyalip fuso, motor menghantam lubang curam yang berbentuk kotak. Saat setelah kejadian saya tetap melaju karena saya merasa tidak terjadi apa-apa pada motor saya, apalagi laju motor saat itu tetap stabil. Tanpa berpikir lagi soal velg, saya kemudian meluncur dengan kecepatan tinggi. Akhirnya esok harinya dipagi hari terlihat dari jauh velg depan dan belakang penyok. Merasa penasaran karena melihat dari jauh kemudian dengan segera saya mendekati velg dan alhasil velg saya penyok depan belakang dan yang paling parah adalah velg belakang sampai pecah. Dari analisa saya adalah ban kempes salah satu penyebabnya serta kemungkinan penggunaan box yang tidak diimbangi dengan tekanan udara pada ban serta sock yang tidak saya setel kekencangannya. Melihat ini langsung membuat saya terkejut dan sedikit kebingungan karena jika motor bermasalah maka bermasalah pula pekerjaan saya.

Gambar 01. Kondisi velg setelah menghantam lubang
Gambar 01. Kondisi velg setelah menghantam lubang

Resiko ketika melewati jalanan berkerikil dengan berlubang tentunya berbeda-beda, gambar di atas termasuk kategori velg yang menghantam lubang yang dalam karena sudah membuat velg pecah.


Gambar 02. Kondisi velg setelah dibongkar
Gambar 02. Kondisi velg setelah dibongkar


Adanya kejadian yang tidak terduga seperti di atas, sudah pasti akan menambah pengeluaran dan membuat keuangan kacau. 

Beberapa tips yang mungkin bisa kita ambil sebagai pelajaran dari kejadian di atas agar tidak terjadi pada anda dan mudah-mudahan tidak akan menimpa saya lagi..hehehe, diantaranya:

  • Mengecek kondisi tekanan udara ban, apabila diperlukan gunakan pressure gauge.
  • Mengecek kondisi grip/batik ban, ganti ban segera apabila sudah gundul.
  • Setel kekencangan sok motor (apabila terdapat setelannya).
  • Bagi yang memasang Box, bisa ditambahkan batas atas tekanan udara ban.
  • Mangatur jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan.
  • Mengecek kemampuan pengereman depan belakang.
  • Berkendaralah dengan hati-hati.


Apabila suatu saat anda mengalaminya, lakukan beberapa hal di bawah ini:


  • Segeralah berhenti dan menepi untuk melihat kondisi kendaraan, terutama kondisi velg depan dan belakang.
  • Mengecek semua lampu kendaraan (lampu utama, lampu belakang, lampu sein).
  • Apabila velg anda penyok, tambah angin agar laju kendaraan tetap stabil. Karena tidak menutup kemungkinan ada lubang lain menanti di setiap perjalanan anda.
  • Segera press velg anda bila memungkinkan untuk direpair.



Berkendaralah dengan hati-hati, tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Semoga apa yang dialami penulis tidak pernah terjadi pada anda dan semoga tulisan ini bermanfaat.



Semoga bermanfaat


------sekian-----

Posted by degineering
degineering Updated at: 09:50

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Flag Counter