Mengambar objek 3D pipa adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. mengapa demikian..?? karena apabila objek yang dikehendaki tersebut adalah pipa lurus, tentunya sangat mudah untuk membuatnya, hanya dengan mengklik ‘Cylinder’ objek langsung jadi. Akan tetapi bagaimana dengan objek pipa yang berbelok-belok seperti contoh di bawah ini?
Gambar 01. Contoh objek pipa
|
Apakah bisa objek elbow pipa dibuat dengan perintah ‘Cylinder’? saya rasa tidak bisa. Saya yakin tidak bisa karena saya sudah mencobanya, apabila agan-agan ada yang bisa tolong share caranya.. hehehe.
Ada cara lain yang bisa anda gunakan dengan mudah, yaitu menggunakan perintah ‘Sweep’ yang terdapat pada menu ‘Modeling’. Cara ini bisa diaplikasi untuk objek 3D apa saja, misalnya dalam pembuatan ulir baut.
Baiklah, langsung saja kita praktikkan bagaimana cara pembuatannya.
Tahapan pembuatannya sebagai berikut:
1. Buat objek 2D berupa garis.
Objek ini nantinya akan kita pakai sabagai media untuk membuat 3 dimensinya.
2. Buat objek bangun datar.
Karena kita akan membuat pipa, berarti objek yang kita buat adalah lingkaran. Objek ini merupakan objek pembentuk 3D yang akan dibuat.
Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.
1) Buat objek garis Polyline dengan dimensi seperti di bawah ini.
Gambar 02. Objek garis 2D
|
2) Buat 2 objek lingkaran dengan diameter seperti di bawah ini.
Gambar 03. Objek lingkaran
|
Catatan penting:
Untuk pembuatan objek lingkaran ini, diameternya tidak boleh melebihi ukuran diameter pada garis (Gambar 02). Pada garis, ukuran R nya (radiusnya) = R 15 berarti D nya (diameternya)= Ø30 (berarti diameter maksimal yang boleh dipakai untuk membuat lingkaran).
3) Dekatkan kedua objek yang sudah dibuat dengan tampilan view ‘SW Isometric’ seperti gambar di bawah ini.
Gambar 04. SW isometric view
|
4) Klik kiri ‘Sweep’ pada menu modeling.
Gambar 05.klik kiri sweep
|
Current wire frame density: ISOLINES=4
5) Select objects to sweep: klik kiri objek sweep (lingkaran 1)
Gambar 06. Klik kiri objek sweep
|
Select objects to sweep: 1 found
6) Select objects to sweep: [enter]
7) Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]: B (ketik B lalu enter)
8) Specify base point: (klik kiri di tengah objek lingkaran 1)
Gambar 07. Klik kiri di tengah objek lingkaran 1
|
9) Select sweep path or [Alignment/Base point/Scale/Twist]: (klik kiri pada garis) kemudian lihat hasilnya.
Gambar 08. Objek 3D pipa
|
Klik kiri ‘Realistic Visual Style’ pada menu visual style untuk melihat tampilan yang berbeda.
Gambar 09. Realistic Visual Style view
|
Kira-kira objek lingkaran 2 itu untuk apa ya..??
Tenang jangan panik dan jangan bingung kawan-kawan. Objek lingkaran 2 akan kita sweep seperti objek lingkaran 1, tujuannya adalah untuk melubangi objek pipa. Perlu anda ketahui, objek yang sudah jadi di atas belum bolong alias masih pejal.
Langsung saja kita praktikkan langkah 4-9.
Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.
Gambar 10. Terlihat seperti ada 2 buah objek pipa (gambar B) |
Kemudian bagaimana cara melubanginya??
Klik DI SINI kalau anda ingin tahu.
Keyword: 2D, 3D, Garis, Polyline, Visual Styles, Modeling, Bangun Datar.
Tutorial lainnya:
- Persiapan latihan dasar menggambar bangun datar dengan Autocad
- Memberi dimensi/ukuran lengkap pada objek dengan Autocad
- Mengenal jenis dan fungsi arsiran pada Autocad (Hatch dan Gradient)
- Cara mudah menggambar bangun datar Trapesium dan Belah ketupat dengan Autocad
- Cara memberi nama pada tiap sudut objek bangun datar
- Mengubah objek 2D menjadi 3D dengan perintah Extrude
penerapan lingkar ke duanya ko gk bisa bisa ya, soalnya gada garis nya kan dy udh berbentuk pipa,, mohon bantuannya
ReplyDeleteBisa gan.. pilih garis tengah lingkarannya. kalau cara pertama berhasil, cara kedua pasti berhasil juga gan. coba lagi gan..
Delete