Pentingnya fungsi box motor bagi biker


Bila ditanya soal pentingnya box yang terpasang di motor anda, tentunya jawabannya berbeda-beda. Ada yang mungkin memasang box hanya ikut-ikutan karena hobi atau ada juga karena kebutuhan. Ada banyak model box yang ada dipasaran dengan harga yang berbeda pula. Bila anda punya dana lebih, belilah box yang bagus sekalian.


Lalu apakah fungsi sebenarnya box motor?


Box motor berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk menyimpan barang-barang yang anda butuhkan ketika anda berkendara, saat anda touring ataupun pulang kampung. Menggunakan box jauh lebih praktis ketimbang mengikat barang di jok belakang yang justru lebih berbahaya.

Jenis barang-barang yang biasa ada di box.

1. Kunci/ tools standar motor

Diperlukan bila motor mengalami kerusakan di  tengah jalan, jauh dari bengkel, maka peran kunci ini sangat penting.

tools standard
Gambar 01. Tools standard
2. Mantel

Gunakan mantel berupa baju dan celana (setelan). Menggunakan mantel model ini membuat anda lebih leluasa saat hujan. Dengan tidak adanya mantel di box anda, ini akan membuat orang bertanya-tanya sebenarnya buat apa anda memasang box kalau masih kehujanan?? (hehe)..

Mantel setelan
Gambar 02. Mantel setelan

3. Air minum

Ini juga penting, berkendara jarak jauh akan membuat anda cepat lelah dan ketika anda lelah dan berhenti untuk minum, belum tentu di sana ada penjual air minum. Jangan remehkan haus, dan jangan memaksa berkendara jika haus, karena haus akan mengurangi konsentrasi dan menyebabkan kantuk. Bila diperlukan bawa juga cemilan.

Air minum
Gambar 03. Air minum

4. Sandal (alternative)

Untuk biker yang memakai sepatu safety, sandal ini berguna jika anda hendak sholat di masjid dan tentunya lebih nyaman menggunakan sandal. Selain itu, jika ingin mampir ke mall rasanya ga mungkin masuk dengan sepatu safety yang kotor. Bila diperlukan bawalah baju ganti… hehhe.


Sandal
Gambar 04. Sandal

5. Spare part

Bawalah spare part yang bisa anda ganti sendiri jika terjadi kerusakan di jalan dan pastinya didukung dengan kunci/tools yang anda bawa. Bawalah selalu busi cadangan. Jika perjalanan anda jarak jauh atau akan touring bawalah spare part lebih lengkap. Bawalah oli dan lakukan pengecekan level oli ditiap titik anda berhenti.


Spare part
Gambar 05. Spare part
6.Tas istri/pacar

Ini sebenarnya trik atau modus…hehe…
Daripada istri/pacar sibuk megang tas dan tentunya akan ada penghalang antara anda dan si dia, lebih baik tasnya kita simpan di box dan sudah pasti anda tau di mana doi pegangan selanjutnya.. hehe. Si doi akan lebih safety jika pegangan dengan anda.

7. Oleh-oleh
Ini tidak kalah pentingnya, bawalah oleh-oleh untuk anda berikan untuk keluarga atau teman bila anda pulang dari touring.

Oleh-oleh
Gambar 06. Oleh-oleh

Uraian di atas adalah beberapa perlengkapan yang biasa dibawa biker yang motornya terpasang box, apabila ada yang kurang silahkan tambahin sendiri.

Bagi  anda yang henda memasang box, pilihkah box dengan kapasitas yang sesuai dengan motor anda. Gunakan bracket dengan desain yang kokoh dan tanpa mengurangi safety.

Kemudian bagi anda yang sudah memasang box, lakukan pengecekan pada box, bracket dan kerangka motor anda. 

Kerangka retak
Gambar 07. Kerangka retak

---- SEKIAN ----


Posted by degineering
degineering Updated at: 15:52

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment

Flag Counter